Semarakkan 43 Tahun, Goa Lawa Purbalingga Gelar Gola-King Dan Tasyakuran Dalam Goa

Pada Tgl 30 November 1979, Goa Lawa Purbalingga diresmikan sebagai Destinasi Wisata di Kabupaten Purbalingga. Serangkaian kegiatanpun digelar ditempat wisata yang memiliki luas 11,5 Ha ini.

Kegiatan diawali dengan event bertajuk Gola-King atau Goa Lawa Hiking. Gola-King merupakan event hiking yang menyuguhkan petualangan seru di alam terbuka dengan pemandangan alam yang indah. Jarak tempuh 6,2 Km melewati perkebunan sayuran, perbukitan, dan hamparan kebun nanas. Nuansanya sangat alami dan sangat cocok untuk wisatawan yang gemar berpetualang dialam bebas. Dalam event Gola-King yang digelar pada Minggu, 27 November 2022, para peserta hiking juga disediakan tempat camping dengan suasana yang syahdu. Penataan lighting dan kabut lembut bisa kalian nikmati di Golaga yang memiliki beberapa pilihan untuk area camping.


D'Juguran menjadi acara malam yang menghangatkan suasana karena rintik hujan sempat datang menyapa. Acara yang dimoderatori oleh Roby Wardana dibuka dengan sambutan dari Manager Goa Lawa Adi Jaya yang mewakili Plt Direktur Owabong yang berhalangan hadir. Adi Jaya menyampaikan bahwa Gola King #1 merupakan event hiking perdana yang digelar Golaga sebagai upaya pengelola untuk memperkenalkan paket-paket wisata di Goa Lawa Purbalingga.

“Hiking yang menempuh jarak 6,2 kilometer ini, sekaligus dalam rangka memeriahkan 43 tahun bukanya Goa Lawa sebagai tempat wisata, serta upaya kita dalam mempromosikan potensi yang ada,” katanya. Selain Golaking, nanti juga akan digelar Tasyakuran dengan mengajak seluruh Karyawan dan pedagang yang ada di Goa Lawa untuk berdoa bersama didalam Goa," tambah Adi Jaya.

Turut hadir sebagai narasumber adalah Gunanto Eko Saputro atau yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Om Igo, seorang sejarawan yang banyak menulis sejarah tentang Purbalingga. Beberapa obrolan tentang pecinta alam, tentang Golaga dan sejarah Purbalingga disampaikan beliau yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Pariwisata Dinporapar Purbalingga.


Acara makin seru saat para peserta diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan ucapan selamat hari jadi ke 43 untuk golaga dengan durasi waktu 3 menit. Eka, salah satu peserta dari Purwokerto berhasil mendapatkan Doorprize sebuah dispenser karena berhasil memberikan ulasan menarik tentang Golaga. Beberapa peserta lain juga mendapatkan doorprize atas partisipasinya dalam sesi tanya jawab tersebut. Acara D'Juguran di tutup dengan penampilan akustik Djati And Friend.


Esok harinya, senam pagi mengawali kegiatan Gola-King #1 sebelum dilakukan start hiking yang menempuh perjalanan dengan medan bervariasi. Tanjakan Bukit Tanggulangsi yang berada di Pos 1 menjadi spot menarik untuk melihat Kawasan Wisata Goa Lawa dari atas ketinggian. Acara Goa Lawa Hiking secara resmi dibuka oleh PLT Direktur Owabong Drs. Eko Susilo. Dalam sambutannya beliau juga memohon kepada para peserta untuk tidak membuang sampah sembarangan dan bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat sekitar.



Download Foto GOLA-KING #1 DISINI

TASYAKURAN
Selasa, 29 November 2022 diadakan tasyakuran karyawan dan pedagang Goa Lawa Purbalingga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Acara diawali ziarah kemakam Ki sutaraga, Ki Keli dan Mbah Citra wedana yang merupakan sesepuh desa siwarak .




Acara dilanjut dengan sholat maghrib berjamaah sebelum peserta berjalan beriringan dimulai dari pintu keluar goa menuju Balai Pertemuan Agung. Dibalai yang memiliki ruangan yang cukup ini juga dilakukan pemotongan tumpeng. Pemotongan pertama yang dilakukan Manager Goa Lawa Adi Jaya diberikan kepada Kepala Desa Siwarak Suratman.