Ratusan Anak TK dan Paud Ikuti Manasik Haji di Goa Lawa Purbalingga

Ratusan anak-anak TK dan PAUD se Kecamatan Karangreja mengikuti kegiatan manasik haji pada hari Kamis (24/2/2022) di Destinasi Wisata Goa Lawa Purbalingga. Kegiatan yang dilaksanakan oleh PKG Kec. Karangreja bekerjasama dengan Planet Foto dipandu langsung oleh Ustadz Imam Dulgani dan para santri dari Desa Siwarak. Meski antrian memanjang namun kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib karena lokasi yang digunakan cukup luas dan nyaman untuk melakukan kegiatan.

Kegiatan manasik haji merupakan program rutin yang akan dilaksanakan setiap tahunnya, karena praktek ibadah semacam manasik ini sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kreatifitas jiwa keagamaan pada anak usia dini khususnya manasik haji, sehingga dapat membekas dan menjadi bekal untuk kehidupan keagamaan anak dimasa yang akan datang, dan Insya Allah mereka akan memiliki pengalaman beragama dalam memorinya yang tidak akan hilang sampai dewasa, ucap Ust Imam, “Disamping itu juga, para orang tua bisa menumbuhkan rasa keinginan untuk pergi menunaikan ibadah haji,” tambahnya.

Lebih jauh, Ust Imam juga menyatakan bahwa penyelenggaraan manasik haji bagi TK dan PAUD adalah untuk memperkenalkan Rukun Islam yang ke-5 yakni Ibadah Haji bagi anak usia dini. Termasuk menumbuhkan motivasi terhadap orangtua murid untuk dapat melaksanakan Ibadah Haji. Pelaksanaan praktek manasik haji anak, juga memberi efek dalam menjalin hubungan silaturahmi antara orangtua, Guru dan para anak TK dan PAUD se-KecamatanKarangreja.

Salah seorang diantara orang tua anak, merasa senang sekali dengan kegiatan ini. Anak-anak bisa berbaur gembira punya teman dan orangtua merasa banyak keluarga dari tiap Desa se Kecamatan Karangreja. Melalui peragaan manasik haji, anak-anak ditanamkan nilai-nilai luhur ajaran agama Islam. “Semoga anak menjadi lebih mengetahui agama islam,” ujarnya.